Langsung ke konten utama

Unggulan

Plays.Org, Surganya Game Edukasi untuk Anak

Plays.Org, Gudangnya Games Edukasi untuk Anak – Anak. Hai Ibu – ibuuuu. Kalian tipe orang tua yang setuju anak dikasih gadget atau ngga? Kalau menurut aku tergantung usia anak dulu. Karena menurut pendapat ahli yang ku baca, sebaiknya anak usia di bawah 18 bulan anak jangan terburu – buru dikenalkan dengan gadget dulu. Karena terlalu dini anak dikenalkan gadget, akan terlalu dini pula anak mendapatkan dampak buruk dari penggunaan gadget. Seperti anak ketergantungan gadget, pelan – pelan merusak penglihatan anak, anak menjadi kurang bersosialisasi, motoriknya kurang terasah, cenderung menjadi keterlambatan bicara dan lain – lain Tapi di atas 18 bulan boleh ga? Boleh – boleh saja asal dibatasi dan tahu untuk apa penggunaanya. Supaya apa? Supaya anak tidak ketergantungan dengan gadget. Karena bagaimana pun juga, gadget itu selain membawa sisi positif banyak juga sisi negatifnya. Jadi menurut aku, gadget itu bisa positif dan negatif tergantung penggunanya. Baca juga: Kapan Waktu yang Tep

Beasiswa Kedokteran luar negeri (part 1 )

Kata pepatah banyak jalan menuju Roma

Hi, setelah sekian lama tidak berjumpa. Kali ini dari medseasy bakal sharing informasi beasiswa dan   non-beasiswa untuk jurusan kedokteran luar negeri. Mengapa kedokteran luar negeri? Karena mencakup relasi yang cukup memadai mengenai informasi ini dan juga sebagai referensi temen-teman untuk terus mengejar cita-cita.

Tentunya kedokteran luar negeri sediikit berbeda dengan kedokteran yang ada di Indonesia, terutama bahasa, budaya dan sistem pendidikan itu sendiri. Tapi ketahuilah, ilmu yang kita timbah tidak ada yang sia-sia jika kita pergunakan dengan baik.

 

Berikut beberapa informasinya :

1. BEASISWA RUSIA UNTUK PELAJAR INDONESIA

Sumber : https://www.kayak.co.id/rute-penerbangan/Indonesia-ID0/Rusia-RU0 

Yes, Rusia merupakan negara yang terkenal menyediakan sarana dan prasarana pendidikan sangat mudah didapat, bahkan tanpa biaya sepeserpun kecuali pada perguruan tinggi swasta. Pemandangan dan perbedaan budayanya, membuat daya tarik tersendiri bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di negara terbesar di dunia ini. persyaratan untuk studi di Rusia sangat mudah asalkan masih ada kuota kosong untuk anda.

Berikut ini merupakan persyaratan umum untuk mengajukan aplikasi ke Perguruan Tinggi di Rusia:

 

1.    Anda merupakan Warga Negara Indonesia.

2.    Nilai rata-rata dalam mata pelajaran yang masuk Ujian Nasional adalah 7.

3.  Tidak memerlukan TOEFL/SAT/IELTS, dan sebagainya (karena sebagian besar mata kuliah dijalankan dengan Bahasa Rusia).

    Untuk mendaftar perkuliahan atau beasiswa di Rusia pun anda tidak perlu menguasai Bahasa Rusia terlebih dahulu, karena setibanya di Rusia anda akan diberikan pembelajaran intensif Bahasa Rusia dan pengenalan kuliah selama 1 tahun. Kemudahan lain dalam melanjutkan studi di Rusia, anda tidak perlu mengikuti tes masuk untuk pendaftaran, persyaratan yang dibutuhkan hanyalah nilai rata-rata anda harus 7 pada mata pelajaran yang di UN-kan. Selain itu mendapatkan visa Rusia pun, anda tidak perlu melakukan deposit atau menunjukkan sejumlah bukti kekayaan terlebih dahulu.

Untuk jurusan atau program studi, hampir seluruh jurusan telah tersedia di Rusia. Berikut daftar jurusan kedoteran :

·         KEDOKTERAN

        Keperawatan (Nursing)

        Farmasi (Pharmacy)

        Kedokteran Umum (General Medicine)

        Kedokteran Gigi (Dentistry)

Selajutnya, untuk melanjutkan studi di Rusia, anda dapat mengikuti beasiswa yang terbagi menjadi dua jalur sebagai berikut:

1.      Beasiswa dari masing-masing universitas di Rusia

 Keuntungan mendaftar beasiswa jalur ini yaitu anda akan tahu dengan pasti universitas mana yang akan anda tuju. Beberapa universitas juga memberikan beasiswa penuh termasuk biaya akomodasi tiket pesawat. Kalian bisa dapatkan informasinya di laman website ini : https://id.rbth.com/kuliah-di-rusia/80111-panduan-lengkap-cara-menempuh-pendidikan-qyx`

 

2.      Beasiswa dari Pemerintah Rusia melalui PKR (Pusat Kebudayaan Rusia)

 Langkah awal yang dilakukan sebelum mendaftar aplikasi untuk beasiswa di negara Rusia adalah membuka laman http://russia.study/en  . Kemudian pada bagian pojok kanan atas terdapat menu ‘register’ lalu klik. Waktu pengisian aplikasinya disinyalir selama 20 menit.

 a.      Verifikasi Email

Setelah mendaftar pada form registrasi maka anda akan mendapatkan email verifikasi dari http://russia.study/en dan menerima nomor registrasi. Klik pada tulisan ‘log into website’ agar pendaftaran dapat dimulai.

 b.       Mengisi Aplikasi

 Diawali dengan pengisian data pribadi hingga data keluarga menggunakan huruf Kiril. Namun jika tidak mengerti huruf Kiril dapat menggunakan huruf latin. Untuk pertanyaan pada poin 5 merupakan pertanyaan opsional. Selanjutnya pada poin 10 terdapat kolom ‘Compatriot’ tidak perlu dicentang.

Pada poin 11 sampai 13adalah informasi kontak pribadi, anda harus memasukkan nomor ponsel dengan kode negara seperti +62. Pada poin 11 sampai 16 akan diminta untuk memasukkan data paspor. Sementara itu, poin 17 diminta untuk mengisi pendidikan terakhir. Apabila program yang akan diambil adalah S1 maka mencantumkan ‘Higher Secondary School Certificate / 10-12 years’.

Poin 21 keatas akan diminta memasukkan jenis studi, program, universitas tujuan, dan apakah anda mendaftar untuk program beasiswa atau tidak. Tepatnya poin 26 akan menegaskan jika tidak lulus beasiswa pemerintah federasi rusia maka opsi berbayar akan dipertimbangkan. Apabila anda tidak memiliki kemampuan bahasa Rusia maka akan direkomendasikan mengkuti kelas persiapan selama satu tahun.

c.       Tahap Wawancara

Setelah mendaftar dan mengunggaha dokumen persyaratan akan terjadi proses seleksi administrasi. Bagi pendaftar yang lolos akan diberitahukan untuk menjalani proses wawancara. Diwajibkan untuk membawa dokumen asli sesuai dengan yang diunggah pada laman website. Jika dalam tahap wawancara dinyatakan lulus maka akan diminta untuk membayar biaya untuk memproses dokumen. Dokumen tersebut oleh PKR akan dikirim kepada Kementerian Pendidikan Rusia.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa

1.      Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang

2.      Pendaftar program studi S1 mencantumkan nilai rapor mulai dari Kelas X sampai XII SMA/SMK. Dengan minimal rata-rata 8.0 atau nilai ujian sekolah pada ijazah rata-rata 8.0. Batas usia beasiswa program studi maksimal 25 tahun

3.      Pendaftar program studi S2 dengan IPK minimal 3,20

4.      Pendaftar program studi S3 diharuskan lulusan dari Master Programme salah satu universitas di Rusia

5.      Fotocopy halaman identitas paspor

6.      Fotokopy medical certificate terbaru

7.      Akta kelahiran

8.      Surat pernyataan menyetujui dari orang tua atau wali dari calon mahasiswa

9.      Pas photo bewarna dengan latar belakang putih ukuran 4x6 (10 lembar)

10. Fotokopy sertifikat penghargaan dan kompetisi (opsional)

11. Membuat Motivational Letter dan Abstrac Tesis mengenai rencana penelitian atau tugas akhir. Dalam bentuk Bahasa Inggris atau Indonesia sebanyak 2 sampai 5 halaman kertas A4.

Catatan : Masing-masing dokumen diatas dibuat menjadi dua rangkap dengan kertas berukuran A4. Bagi pendaftar program studi S1 dimasukkan dalam map karton warna kuning, map karton warna merah untuk program studi S2, dan map karton warna hijau untuk program studi S3.

Biaya Penerima Beasiswa

Beasiswa ini hanya memberikan biaya pendidikan gratis selama masa kuliah. Diluar itu, mahasiswa diharapkan menyediakan dana sendiri, seperti:

 

·         Dokumen pendaftaran

·         Visa masuk dan visa studi tahunan di Rusia

·         Tiket pesawat Jakarta-Rusia

·         Cek kesehatan dan asuransi yang dilakukan oleh pihak universitas

·         Biaya hidup dan asrama selama studi berlangsung

Kalau kalian masih bingung caranya, klik panduan pendaftaran ini https://id.rbth.com/kuliah-di-rusia

 

2. Beasiswa kedokteran di Turki bagi pelajar Indonesia

 

Sumber : https://www.kompas.com/global/read/2020/08/21/161357170/

            Setiap tahunnya, Pemerintah Turki menawarkan Türkiye Scholarships, sebuah beasiswa penuh bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1, S2 atau S3 di universitas-universitas yang ada di Turki . Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jurusan dan bidang studi. Tentunya kesempatan yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Beasiswa ini, pelamar tidak perlu mengajukan pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju. Dengan menggunakan formulir pendaftaran online beasiswa, pelamar juga bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Sehingga saat pelamar dinyatakan mendapatkan beasiswa, secara otomatis juga akan diterima pada universitas di Turki.

Proses perkuliahan kebanyakan menggunakan bahasa Turki. pelamar juga akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun sebelum perkuliahan yang tentunya akan membantu proses perkuliahan nantinya.

DURASI PROGRAM:

Program S1 (Undergraduate Program): 4 s/d 6 tahun (tergantung durasi masing-masing program studi) + 1 tahun kursus bahasa Turki

CAKUPAN BEASISWA:

·         Gratis biaya kuliah hingga lulus studi.

·         Tunjangan per bulan senilai 700 TL (± Rp 1,6juta) untuk mahasiswa S1, 950 TL (± Rp 2,2juta) untuk mahasiswa S2, 1400 TL (± Rp 3,2juta) untuk mahasiswa S3.

·         Akomodasi/Tempat tinggal.

·         Asuransi kesehatan.

·         Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.

·         Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.

Penerima beasiswa juga akan mendapatkan bimbingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.

PERSYARATAN:

·         Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warganegara Turki tidak dapat mendaftar).

·         Sebelumnya tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.

·         Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2020. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2020 juga bisa mendaftar.

·         Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.

·         Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.

·         Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY):

 

·         Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku (Untuk mempercepat tahapan akhir pendaftaran beasiswa, sangat disarankan pelamar melampirkan paspor sebagai dokumen identitas mereka atau setidaknya menunjukkan paspor yang valid pada saat wawancara beasiswa).

·         Pasfoto terbaru (sebaiknya berpakaian resmi).

·         Transkrip Nilai/Rapor semester 1 s/d semester terakhir yang diterima dan telah dilegalisasi pihak sekolah/universitas asal.

·         Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara.

·         Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.

·         Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).

·         Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/guru/pejabat/dosen/petinggi instansi. Bisa melampirkan 1-3 surat.

·         Scan piagam/sertifikat/project/volunteer yang pernah diikuti. Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, karena ada kolom deskripsi.

·         Letter of Intents, yaitu Motivation Letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb.

·         Pilihan universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.

CATATAN:

Berkas dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah .

CARA MENDAFTAR:

1.      Pendaftaran Beasiswa Turki 2020 dapat dilakukan secara online pada website resminya: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr. Klik tulisan Register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. Cek e-mail untuk konfirmasi link aktivasi akun.

 

2.      Untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa, pelamar dapat kembali pada website tbbs.turkiyeburslari.gov.tr, dan memasukkan e-mail dan password yang tadi sudah didaftarkan. Isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa seluruh dokumen yang akan diupload, harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki.

 

Di bawah ini link website pendaftarannya, silahkan di klik

 

https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/

 

3. Beasiswa Monbukagakusho Kuliah S1 di Jepang FULL

Sumber : https://www.masterstudies.com/news/5-Top-Reasons-Why-You-Should-Study-in-Japan-399/

Hem siapa nih yang impiannya pengen lanjut study di Jepang, biasanya tiap tahun mereka membuka pendaftaran ini,  ada informasi menarik yang bisa kamu coba nih. Program Beasiswa S1 (Gakubu) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dengan beasiswa penuh.

Yang Perlu diketahui, sebelum memulai masa perkuliahan di universitas di Jepang, penerima Beasiswa Monbukagakusho terlebih dahulu mengikuti Sekolah Persiapan selama 1 tahun di Jepang untuk belajar Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, dan  Fisika, Kimia, Biologi (untuk pilihan bidang studi IPA). Total masa studi kedokteran yaitu 1 tahun Sekolah Persiapan + 6 tahun. Berikut ini tahap pendaftaran beasiswa tahun 2021 :

CAKUPAN BEASISWA MONBUKAGAKUSHO:

·         Tanggungan penuh biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan)

·         Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000 tiap bulan

·         Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang

·         Bebas biaya pengurusan visa pelajar

·         Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas

·         Gratis biaya pendaftaran dan biaya seleksi

PILIHAN BIDANG STUDI:  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

– IPA-C : 1. Medicine, and 2. Dentistry

Pada saat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho, peserta hanya bisa memilih jurusan saja. Setelah menyelesaikan sekolah persiapan bahasa Jepang, peserta bisa memilih maksimal 5 universitas negeri di Jepang sesuai dengan jurusan yang diminati. Penempatan universitas tersebut akan bergantung dengan hasil ujian masuk para peserta.

 

PERSYARATAN BEASISWA MONBUKAGAKUSHO:

 

·         Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren/International School.

·         Berusia maksimal 24 tahun per tanggal tanggal yang telah ditetapkan.

·         Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPA, nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) adalah minimal 84 untuk mata pelajaran berikut:

        Matematika

        Bahasa Inggris

        Fisika/ Kimia/ Biologi/ Kejuruan (pilih salah satu dalam ranah IPA)

·         Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPA, tidak bisa mendaftar apabila nilai rata-rata mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

Bagi peserta yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan.

Bagi peserta yang memiliki salah satu kondisi yang telah d catumkan di website di bawah ini tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.

https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_2021_ineligible.pdf

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

1.      1 (Satu) Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian peserta.

        1 (Satu) Formulir Pendaftaran 2021 yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Boleh diketik atau tulis tangan . contoh formulir tahun 2021 (https://www.studyinjapan.go.jp/en/assets/pdf/app/undergraduate/2021_Application_Undergraduate.pdf ).

        1 (Satu) Pasfoto formal ukuran 3,5×4,5 cm atau ukuran 3 x 4 cm. Setengah badan. Latar polos, warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir. Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2021). Jangan melampirkan foto tanpa menempelkannya di application form.

2.      1 (Satu) Fotokopi rapor dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII dalam bahasa Indonesia/Inggris/Jepang yang telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah. Namun jika kalian kesulitan dalam meminta legalisasi di masa pandemi ini, boleh melampirkan dalam bentuk fotokopi.

3.      1 (Satu) Fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara dalam bahasa Indonesia/Inggris/bahasa Jepang yang memuat keterangan “Lulus” dan telah dilegalisasi/dicap basah asli* oleh sekolah. Namun jika kalian kesulitan dalam meminta legalisasi di masa pandemi ini, boleh melampirkan dalam bentuk fotokopi.

4.      1 (Satu) Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi peserta dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (tidak boleh dalam bahasa Indonesia) serta ditandatangani oleh pemberi rekomendasi (Kepala sekolah atau guru). Format bebas atau gunakan format berikut: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_recommendation2020.docx. Jika kalian kesulitan dalam meminta tanda tangan asli dari pemberi rekomendasi di masa pandemi ini, boleh menggunakan tanda tangan digital dari kepala sekolah atau guru.

        1 (Satu) Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa (JLPT/TOEFL/IELTS/TOEIC) khusus bagi yang memiliki saja (tidak wajib). Tidak ada persyaratan khusus untuk skor minimal pada sertifikat kemampuan bahasa.

        Sertifikat Prediction tidak perlu dilampirkan.

        Untuk TOEFL/TOEIC yang diterima hanya terbitan ETS saja.

        Untuk IELTS yang bisa diterima hanya terbitan Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia saja.

5.      1 (Satu) Fotokopi hasil nilai JLPT/EJU khusus bagi yang memiliki saja (tidak wajib)

 

CATATAN:

·         Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak memungkinkan, silakan lipat dokumen tersebut menjadi seukuran A4.

·         Dokumen dikirimkan sesuai dengan jumlah yang disebutkan. Dokumen disusun dalam satu bundel/rangkap, memuat dokumen dari poin 1 sampai 7. Total bundel atau rangkap yang akan diterima oleh panitia adalah sebanyak 1 buah.

·         Dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup di-klip agar tidak tercecer.

·         Khusus untuk rapor dan ijazah, yang dimaksud dengan asli yaitu fotokopi ijazah dan rapor yang telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

·         Dokumen yang dilampirkan tidak perlu diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Inggris. Namun jika lolos seleksi dan berada pada tahapan wawancara, maka peserta perlu menerjemahkan seluruh dokumen ke dalam bahasa Inggris.

·         Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

 

CARA MENDAFTAR:

Untuk mendaftar Beasiswa Monbukagakusho, peserta dapat terlebih dulu melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://daftar.beasiswamext.com/ . Pilih tulisan Gakubu, Kosen Senshu. Kemudian pilih tahun kelulusan, program dan bidang studi yang dipilih serta data-data yang diminta lainnya. Saat registrasi masukkan alamat email yang paling sering digunakan.

Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dalam kertas ukuran A4 dan simpan Nomer Ujian yang diterima.

Jika dalam 5 menit tidak menerima email konfirmasi, cek kotak spam atau junk email atau all email pada email yang sudah dimasukkan saat pendaftaran.

Kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Cantumkan kode “Gakubu 2021” pada kanan atas amplop.

Berkas dikirimkan pada alamat berikut:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang

Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

Panitia Beasiswa Monbukagakusho tidak menerima berkas dokumen yang dikirimkan melalui jasa pengiriman ojek online maupun pengantaran langsung. Pengiriman dokumen dapat menggunakan jasa pengiriman melalui kurir seperti POS, JNE, J&T, Tiki, dll.

Jika kalian butuh informasi lebih lanjut silahkan hub :

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang

Telp. (021) 3192-4308

E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sumber Website Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html

 


4. Beasiswa S1 Korea 2021 oleh KGSP Undergraduate – FULL Scholarship

Sumber : https://internasional.kompas.com/

Pemerintah Korea Selatan kembali menawarkan Beasiswa KGSP Undergraduate (untuk Kuliah S1). Beasiswa ini ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Korea Selatan. Beasiswa S1 Korea KGSP rutin ditawarkan setiap tahunnya. Jika tahun ini masih belum bisa mendaftar, kamu bisa mencoba di tahun depan. Biasanya beasiswa ini terbuka setiap tahunnya.

Jalur Kedutaan Besar Korea (Embassy Track) di Jakarta. Kuota yang disediakan untuk peserta dari Indonesia dengan jalur Kedubes ada 5 orang.

Pilihan Universitas Program Undergraduate (S1) – Jalur Kedubes Korea (Embassy Track):

1. Type A: Ewha Womans University, Hanyang University, Korea University, Seoul National University, Sungkyunkwan University, Yonsei University, dan 8 universitas lainnya.

2. Type B: Chonnam National University, Daegu University, Daejeon University, Dongseo University, Pusan National University, Semyung University , Silla University, dan 18 universitas lainnya.

CAKUPAN BEASISWA S1 KOREA KGSP:

1.      Gratis biaya perkuliahan (uang pendaftaran + tuition fee)

2.      Tunjangan hidup sejumlah 900,000 KRW (± Rp 11,2juta) per bulan

3.      Tunjangan kedatangan 200,000 KRW (± Rp 2,4juta) yang diberikan satu kali saat kedatangan di Korea

4.      Gratis kursus bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai (dilaksanakan di institusi bahasa di Korea)

5.      Asuransi kesehatan 60,000 KRW per bulan

6.      Tiket pesawat PP Indonesia-Korea pada awal dan akhir masa studi

7.      Hibah penyelesaian beasiswa senilai 100,000 KRW (± Rp 1,1juta) bagi yang berhasil menyelesaikan perkuliahan dan akan kembali ke Indonesia

Hibah Kemampuan Bahasa Korea senilai 100,000 KRW per bulan apabila pelamar memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6

PERSYARATAN BEASISWA S1 KOREA KGSP:

1.      Merupakan warganegara dari negara yang ditawarkan beasiswa (salah satunya Indonesia).

2.      Berusia di bawah 25 tahun per tanggal 1 Maret 2021 (lahir setelah 1 Maret 1996).

3.      Peserta harus sudah lulus SMA/SMK/sederajat per 1 Maret 2021 (tidak memenuhi syarat bagi mereka yang telah mengambil pendidikan Diploma/Sarjana/pendidikan tinggi). Salinan ijazah dan transkrip nilai resmi harus diserahkan paling lambat 1 Maret 2021.

a.      Bagi pelamar program Undergraduate : Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 80 (skala 100) atau berada dalam peringkat 20 persen teratas selama masa SMA/sedarajat.

4.      Memiliki kondisi kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani. Bagi penyandang disabilitas yang sehat jasmani maupun rohani juga dapat mengikuti beasiswa ini.

5.      Peserta yang merupakan lulusan sekolah di Korea atau telah mendapatkan gelar S1 sebelumnya, tidak dapat mendaftar program beasiswa ini.

6.      Tidak memiliki batasan berpergian ke luar negeri.

7.      Sebelumnya tidak pernah mendapatkan program Global Korea Scholarship untuk mendapatkan gelar.

8.      Pelamar hanya dapat memilih salah satu jalur pendaftaran (jalur universitas atau jalur Kedubes Korea), tidak diperbolehkan keduanya.

9.      b. Bagi pelamar yang mendaftar via Kedubes Korea, dapat memilih 3 universitas dan 3 jurusan yang berbeda.

10. Pelamar yang mempunyai TOPIK level 3 akan diberikan poin tambahan.

11. Lebih diutamakan bagi pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan skor TOEFL/TOEIC/IELTS memuaskan (tidak wajib)..

12. Pelamar dari keluarga berpenghasilan rendah atau berlatar belakang kurang mampu akan lebih diutamakan.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

1.      Formulir pendaftaran yang telah diisi (Form 1) http://www.studyinkorea.go.kr/in/cop/bbs/JobBoard/selectBoardArticle.do?bbsId=BBSMSTR_000000000461&nttId=3254   , pilih file GKS-U Application Form.docx)

2.      Personal Statement (Form 2)

3.      Study Plan / rencana studi (Form 3)

4.      Dua surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing akademis (Form 4). Surat rekomendasi harus diberikan oleh dua orang yang berbeda. Kemudian surat rekomendasi tersebut harus dimasukkan ke dalam amplop dan disegel serta ditandatangani pada bagian tutup belakang amplop.

5.      GKS Applicant Agreement (Form 5)

6.      Personal Medical Assessment (Form 6)

7.      Salinan resmi ijazah SMA/SMK/sederajat

8.      Salinan transkrip nilai SMA/sederajat (termasuk skala/sistem penilaian yang digunakan)

9.      Bukti kewarganegaraan pelamar (contoh: akte kelahiran / kartu keluarga)

10. Bukti kewarganegaraan orang tua

11. Sertifikat penghargaan yang pernah didapatkan (tidak wajib)

12. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIK) (tidak wajib)

13. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) (tidak wajib)

14. Surat keterangan sehat dari dokter (Form 7, khusus bagi kandidat yang telah melewati seleksi putaran kedua)

15. Salinan paspor pemohon (khusus bagi kandidat yang sudah melewati seleksi putaran kedua)

NOTE:

·         Form 2 s/d 6 tertera pada Formulir Pendaftaran.

·         Seluruh berkas dokumen harus menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Apabila dokumen anda (misal: ijazah atau transkrip nilai) masih dalam bahasa Indonesia, anda dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya yang kemudian dilegalisasi oleh institusi yang mengeluarkan atau notaris. Lampirkan salinan hasil terjemahan tersebut dengan salinan dokumen asli.

·         Salinan resmi artinya fotocopy dari dokumen asli yang telah dilegalisasi oleh institusi yang mengeluarkan dokumen tersebut. Jangan pernah menyerahkan dokumen asli, karena seluruh dokumen yang diterima oleh pihak penyelenggara tidak akan dikembalikan ke peserta.

·         Seluruh berkas dokumen di atas harus diurutkan berdasarkan checklist pada halaman pertama, dan diberi nomer serta label pada bagian pojok kanan atas. Contoh: 7. Certificate of High School Graduation.

·         Untuk pendaftaran Jalur Universitas melampirkan 1 set berkas dokumen yang disebutkan di atas.

·         Untuk pendaftaran Jalur Kedubes Korea yang diserahkan 1 set berkas dokumen original dan 3 set fotcopy berkas dokumen. Formulir pendaftaran harus dikumpulkan via pos ke Kedutaan Besar Republik Korea sampai hari akhir pendaftaran.

CARA MENDAFTAR: BEASISWA S1 KOREA KGSP:

 

A. Pendaftaran melalui Jalur Kedubes Korea:

Untuk mendaftar Beasiswa S1 Korea KGSP Jalur Kedubes Korea, pelamar dapat mengirimkan berkas dokumen yang disebutkan di atas, ditujukan kepada:

 Kedutaan Besar Korea

Jl. Gatot Subroto Kav. 57

Jakarta – 12950

Telp. 021 – 2967 2555

Batas waktu pendaftaran Beasiswa S1 Korea KGSP Jalur Kedubes Korea sampai dengan OKTOBER 2020 (batas waktu pendaftaran masih menunggu pengumuman resmi dari pihak Kedubes Korea). Seleksi awal akan dilaksanakan oleh Kedubes Korea dilanjutkan seleksi tahapan kedua oleh pihak NIIED. Masing-masing universitas nantinya akan mengadakan seleksi akhir dilanjutkan konfirmasi dari pihak kandidat pada pihak NIIED. Pengumuman hasil akhir para penerima beasiswa melalui website www.studyinkorea.go.kr. Para penerima beasiswa berangkat ke Korea pada 23 Februari 2021.

Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang pendaftaran Beasiswa S1 KGSP Jalur Kedubes Korea, dapat langsung menghubungi kontak Kedubes Korea di Jakarta, dengan nomer Telp. 021 – 2967 2555 (08:30 – 16:00) atau email: koremb_in@mofa.go.kr.

Informasi di atas hanya merupakan rangkuman. Sebelum mendaftar, pastikan telah membaca seluruh ketentuan pendaftaran dan informasi mengenai universitas yang ada di Korea pada website: http://www.studyinkorea.go.kr

 

 To be continue..

Komentar

Postingan Populer